Ciwalk Corner
Me on card
Salak river
Salak water fall
Husein
Husein
Salak
Mosque windows
2 minutes reading time (344 words)

Syukur, Apa Yang Harus Dilakukan

Kemarin malam tgl 3 juli saya bersama seorang teman yang berumur 37an diruang santai kostan berdiskusi mulai dari oilngas apakah oil akan habis, pengganti oil, jika ada teknologi yang dapat membuat air menjadi bahan bakar, transportasi Isra Mi'raj, sampai bersambung ke pembicaraan syukur dan sabar ketika membicarakan tentang penghasilan maklum ratenya more than 170an dollars/day. so excessive

Ketika kita mendapat kenikmatan dunia semisal harta yang banyak dengan cara apakah kita harus beryukur lalu ia mengatakan bahwa rasa syukur itu tidak hanya mengucapkan hamdallah, dzikir, dll. TAPI MENGIKUTI APA-APA YANG DILAKUKAN OLEH RASULULLAH SAW, mengapa demikian karena Beliau satu-satunya orang didunia ini yang paling pandai bersyukur. Ketika Rasul ditanya kenapa beliau selalu sholat hingga kakinya bengkak2 padahal Rasulullah adalah orang yang dijanjikan surga oleh Allah, lalu Rasul menjawab apakah seorang rasul tidak boleh untuk bersyukur.

Lalu pembicaraan beralih ke kata sabar. Bagaimanakah cara kita bersabar? Umumnya orang bersabar apabila mengalami kesulitan, apapun kesulitan itu dan umumnya orang berkecenderungan merasa paling bersabar dan paling merasa dekat dengan Allah SWT ketika mendapat kesulitan, bencana, dll. Rasulullah adalah orang yang paling pandai bersabar dalam sejarah peradaban manusia. Ketika mengalami kesulitan, semisal ketika Rasul berperang dan giginya rontok Beliau tetap bersabar. Lalu bagaimana cara kita bersabar sama halnya dengan bagaimana kita harus beryukur.

Itulah kehebatan Islam, ketika mendapat bencana sabar ketika mendapat kenikmatan bersyukur. Lalu bagaimana supaya kenikmatan itu selalu bertambah? Umumnya, lagi2 umumnya orang cenderung lupa bersyukur dan merasa dirinya paling hebat dan identik dengan rasa sombong (eta mah urang pisan padahal ada gunung diatas gunung ada langit diatas langit). Jadi teringat khutbah jumat seorang khotib mengatakan seorang Habib tidak boleh merasa dirinya paling benar dan paling mengerti hingga tidak mau MERENDAHKAN HATI. Menjawab pertanyaan tersebut sangat mudah mendekatkan diri kepada Allah Azzawajalla dan menjauhkan diri dari apa2 yang dilarangnya dan lagi MENGIKUTI APA-APA YANG DILAKUKAN OLEH RASULULLAH SAW atau rasa syukur akan menambah nikmat yang diberikan kepada kita(memang sangat sulit tapi saya yakin semuanya ingin dan berusaha menuju ke jalan itu).

amen

Itulah sepenggal pembicaraaan saya dengan teman yang agak sedikit ditambahkan berhubung tidak hapal kata-perkatanya.

CMIIW

Berusaha dan Menyerah?
How to Solve the Problem
 

Comments

No comments made yet. Be the first to submit a comment
Already Registered? Login Here
Guest
Thursday, 19 July 2018

Captcha Image

Copyleft | Impressum | Personal Privacy | Testimonial | Feedback

Copyleft AshCoft 2008-2018